My Other Blog

Tuesday 21 April 2015

Aksara Batak


 SEJARAH SINGKAT AKSARA BATAK

Aksara batak merupakan paduan dari silabogram dan abjad yang disebut abugida, yang merupakan penjabaran dari tulisan brahmi. Abugida merupakan jenis tulisan yang bersifat fonetis dalam artian bahwa setiap bunyi bahasanya dapat dilambangkan secara akurat. Sebuah abugida terdiri dari aksara yang melambangkan sebuah konsonan sementara vokal dipasang pada aksara sebagai diakritik (diakrit=anak ni surat).
Surat batak disepakati sekitar 17 Juli 1988 lalu kemudian mulai dikembangkan oleh masyarakat dan diperkenalkan khususnya di kalangan masyarakat batak angkola.



Sekarang ini kayaknya aksara batak itu sudah semakin tenggelam (Bukan di laut)! dalam artian sudah banyak orang batak khususnya yang masih muda tidak tahu menahu lagi tentang aksara batak. apalagi yang sudah tinggal jauh dari bona pasogit (kampung halaman). boro-boro aksara, partuturanpun (Silsilah) sudah tidak tahu lagi. mana batak yang katanya sangat kental dengan budayanya? yang sangat cinta adat-istiadatnya?


 Menulis dengan aksara batak toba

 Ina ni surat  telah menjadi sebuah penggalan suku kata dengan vokal dasar [a], (saringar [a]), (Kecuali A, I dan U), maka dengan menambahkan anak ni surat, saringar dari penggalan suku kata itu akan berubah sesuai dengananak ni surat yang kita sisipkan itu. Ina ni surat yang telah mengalami penyisipan anak ni surat, maka vokal dasar [a] dari ina ni surat itu menjadi hilang.

Anak ni surat bisa kita sisipkan ke ina ni surat dua (2)  sekaligus, sehingga penggalan suku kata yang kita buat menjadi mengandung saringar dari kedua anak ni surat yang kita sisipkan itu.


 Dengan mengikuti gambar tulisan dalam tabel, diharap pembaca bisa mengembangkan sendiri untuk huruf yang belum tertera, karena pada dasarnya menulis aksara batak cukup simpel, ina ni huruf diikuti langsung oleh anak ni huruf, kalau ada kata berakhiran huruf konsonan terahir maka digunakan pangolat ( / )


Sumber: disini

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Your Knowledge Warehouse. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com