My Other Blog

Sunday 5 April 2015

Pengertian dan 7 Jenis Tanah Di Indonesia

jenis tanah

Tanah adalah Lapisan kulit Bumi terluar (kerak bumi) yang terbentuk karena hasil pelapukan/erosi batuan induk (anorganik) yang bercampur dengan organik.
Tanah mengandung partikel batuaan/mineral, bahan organik (senyawa organik dan organisme) air dan udara.
Mineral merupakan unsur utama tanah. Pada umumnya mineral terbentuk dari padatan anorganik dan mempunyai komposisi homogen.

Karena proses pembentukan tanah yang berbeda-beda, mengakibatkan terbentuknya berbagai macam jenis tanah, ada 8 jenis tanah di Indonesia. tapi, saya hanya akan menjelaskan 7 diantaranya saja. selebihnya agan bisa ngesearch di mbah google.

Langsung saja guys, inilah 7 Jenis Tanah Di Indonesia:

1. Tanah Organosol
Tanah ini terbentuk akibat pelapukan bahan-bahan organik. Tanah ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: 

  • Tanah Gambut merupakan Tanah hasil pembusukan yang tidak sempurna. Tanah ini kurang baik untuk pertanian karena sifatnya yang terlalu basah (tergenang air). Tanah ini banyak terdapat di daerah Pantai Timur Sumatera, Pantai Selatan Barat Papua, dan daerah Kalimantan Barat.
  • Tanah Humus merupakan Tanah hasil Pembusukan bahan-bahan organik dan mempunyai sifat Sangat Subur. Tanah ini berwarna kecoklatan dan sangat cocok ditanami tanaman padi, kelapa, dan nanas. Tanah jenis ini banyak terdapa di daerah Sumatera, Jawa, Papua, Kalimantan, dan Sulawesi.
2. Tanah Vulkanik
Tanah ini terbentuk akibat pelapukan abu vulkanik gunung berapi. Tanah ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  • Tanah Regosol memiliki ciri-ciri: berbutir kasar, berwarna kelabu sampai kuning dan sedikit berbahan organik. Tanah jenis ini sangat cocok ditanami tanaman palawija seperti ketela, jagung dll. Tanah Jenis ini banyak terdapat di daerah Sumatera, Jawa, dan Papua.
  • Tanah Latosol merupakan tanah dengan ciri-ciri berwarna merah hingga kuning. Tanah Latosol banyak di jumpai di daerah Sumatera, Jawa, Bali, dan Papua.
3. Tanah Aluvium (Aluvial)
Tanah Aluvium merupakan tanah yang diendapkan dari hasil erosi di dataran rendah. Tanah ini mempunyai ciri-ciri berwarna kelabu dan subur. Tanaman yang cocok ditanam di tanah jenis ini adalah palawija, tebu, kelapa dll. Tanah jenis ini banyak di jumpai di daerah Sumatera bagian Timur, Jawa bagian Utara, dan Kalimantan bagian Selatan dan Barat.

4. Tanah Podzol
Tanah ini terbentuk akibat curah hujan yang tinggi dan suhunya yang rendah. Tanah ini mempunya ciri-ciri miskin hara (air), tidak subur dan berwarna merah hingga kuning. Tanah ini banyak terdapat di daerah dataran tinggi Jawa Barat, Sumatera, Maluku, Kalimantan, dan Papua.

5. Tanah Laterit
Tanah Laterit merupakan tanah hasil cucian, kurang subur karena kehilangan unsur hara dan tandus. Awalnya tanah ini subur, namun karena unsur haranya dilarutkan oleh air maka menjadi tidak subur. Tanah ini berwarna kekuningan sampai merah dan cocok untuk tanaman kelapa dan jambu mente. Tanah jenis ini banyak terdapat di daerah Jawa Tengah. Lampung, Jawa Barat.

6. Tanah Litosol
Tanah litosol adalah hasil pelapukan batuan beku dan batuan sedimen yang baru terbentuk sehingga mempunyai butiran yang besar. Ciri-ciri tanah jenis ini adalah miskin akan unsur hara dan mineralnya masih terikat pada butiran yang besar-besar. Tanah litosol kurang subur sehingga tanaman yang cocok dengan tanah ini adalah tanaman-tanaman yang besar di hutan. Jenis tanah ini banyak terdapat di Sumatera, Jawa, Maluku, dan Nusa Tenggara.

7. Tanah Pasir
Tanah Pasir merupakan tanah yang terbentuk dari batuan beku dan batuan sedimen dengan butiran sangat kasar dan berkerikil. Jenis tanah ini bersifat kurang baik bagi pertanian dan banyak dijumpai dimana-mana.

Ok gan itulah beberapa Jenis Tanah di Indonesia Semoga Bermanfaat dan Menambah wawasan kita.

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment


iklan

 

Copyright © Your Knowledge Warehouse. All rights reserved. Template by CB Blogger & Templateism.com